Mengungkap Dunia Tersembunyi di Bawah Laut

Kehidupan di bawah samudra yang tersembunyi ternyata paralel dengan kehidupan di permukaan


Kehidupan di bawah samudra yang tersembunyi ternyata paralel dengan kehidupan di permukaan. Penelitian ini mengklaim bahwa penemuan tersebut bisa membantu kita mencari kehidupan di planet lain.

Tim ilmuwan internasional menemukan bukti berupa makhluk kecil yang hidup pada batuan basalt di lantai Samudra Pasifik sedalam 2,5 kilometer air laut dan ratusan meter sedimen. Hasil studi mereka yang diterbitkan dalam jurnal Science ini mengungkapkan bukti ekosistem dengan karakteristik yang sangat berbeda.

Inti sampel yang diambil dari dasar laut lepas pantai barat Amerika Serikat mengandung mikro-organisme hidup. Mereka hidup dalam ketiadaan cahaya total dan hampir seluruhnya terputus dari dunia atas. "Kami memberikan bukti langsung dari kehidupan di kerak samudra yang terkubur," kata Mark Lever, ahli mikrobiologi. Menurutnya, mikro-organisme yang mereka temukan sebagian didukung oleh kemosistensis.

Hidup di dalam bahan batuan berpori di kerak samudra sangatlah berbeda. Energi yang digunakan berasal dari proses geokimia. "Ada pembuluh sangat kecil di batuan basaltik kerak samudra itu. Air berjalan melaluinya," kata Dr Lever yang saat ini menjadi ilmuwan di pusat Geomikrobiologi Aarhus University, Denmark.

Menurutnya, mikroorganisme tersebut menggunakan hidrogen sebagai sumber energi untuk mengubah karbondioksida menjadi bahan organik. Ini biasanya tidak ditemukan dalam air laut. Air yang masuk melalui pembuluh batuan basalt memiliki komposisi kimia yang berbeda secara fundamental dari air laut, tanpa oksigen hasil fotosintesis.

Menurut Dr Jeff dari University of Michigan, studi ini membuktikan bahwa mikroba berperan penting dalam kimia basalt. Dengan demikian, juga akan mempengaruhi kimia laut. "Ada kemungkinan bahwa kehidupan berdasarkan kemosintesis ditemukan di planet lain. Asalkan lingkungan kimia mendukung," kata Dr Lever.
Share this article :

Posting Komentar

silahkan komentar sesuka anda!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BOWO PRIMA SHOP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger