7 Cakra Utama Dalam Tubuh Manusia

Pada suka  Naruto gak? Yups serial kartun satu ini banyak banget penggemarnya termasuk gue . Salah satu hal yang menarik buat gue adalah soal cakra dan ternyata cakra dalam diri kita itu beneran ada. Yoi, cakra itu energi/tenaga/aura dari dalam kita. Ada 7 cakra inti yang alirannya seperti ini.
Quote:
Energi halus akan memasuki daerah ubun-ubun kepuncak otak (Brahmarandra) dan dalam perjalanannya turun kebawah melalui jalur tengah (Sushumna) menciptakan enam pusat energi lagi (Cakra) dan pada akhirnya beristirahat dipusat terakhir, Mooladhara, menggulung dirinya dalam tiga setengah lingkaran.
Manifestasi energi ini pada tulang belakang adalah susunan syaraf Parasimpatetik. Pusat-pusat energi ini berada didalam tulang belakang dan otak. Secara fisik pusat energi ini, mewujudkan diri sebagai simpul-simpul syaraf. Cakra-cakra selain bekerja melalui simpul-simpul syaraf disisi fisik juga bekerja disisi emosional pada jalur kiri.
Quote:
Mooladara Cakra
Cakra pertama berada diposisi di bawah tulang sacrum dimana berada Kundalini, dan aspek utama dari cakra ini adalah kepolosan /keluguan, murni, bersih, suci, dan ketidakbersalahan. Kepolosan adalah sebuah mutu yang sama ketika kita masih anak-anak yang murni, tanpa prasangka atau pengaruh keadaan. Kepolosan yang memberi kita martabat, keseimbangan dan arah pengertian yang luar biasa dalam hidup. Itu adalah tak lain hanya kesederhanaan, kemurnian dan kegembiraan.
Quote:
Swadishthan Cakra
Cakra yang kedua adalah cakra kreativitas, perhatian murni dan pengetahuan murni. Ini akan menghubungkan kita kepada sumber inspirasi yang terdalam, dan memungkinkan kita untuk mengalami keindahan disekitar kita. Pengetahuan yang murni yang diberi oleh cakra ini bukanlah mental, tetapi itu adalah persepsi yang langsung menuju Kenyataan,itu dapat dirasakan melalui telapak tangan kita dan akan ditandai adanya kemacetan dalam saluran energi kita yang tidak terpisahkan. Juga ini adalah pusat dari perhatian mantap murni dan [kuasa/ tenaga] konsentrasi.
Pada bagian fisik tubuh kita, cakra ini memelihara hati, ginjal dan abdomen yang lebih rendah. Ketika kita berpikir terlalu banyak, pusat ini akan kekurangan energi dan mendapatkan penyakit seperti kencing manis atau kanker darah dapat terjadi ketika cakra ini sepenuhnya kehilangan keseimbangan.
Quote:
Nabhi Cakra
Cakra yang ketiga adalah itu memberi kita perasaan kedermawanan, kebaikan, dan kepuasaan. Pada sisi kiri mutu yang utama dari pusat ini adalah kedamai- pembersihan terhapad cakra ini dapat membebaskan tekanan dan ketegangan. Pada sisi kanan, adalah memelihara hati kita yang mana adalah organ/ bagian badan dari perhatian dan [kuasa/ tenaga] konsentrasi kita.
Ketika diterangi oleh Kundalini, Nabhi cakra memberi kita peningkatan rohani, kebajikan dan [perasaan/pengertian] kesusilaan dari bagian dalam, dan melengkapi dan menyeimbangkan semua tingkatan dalam hidup kita.
Quote:
Void (Kekosongan)
Mencakupi cakra kedua dan ketiga terdapat ruang Kekosongan yang mewakili prinsip guru didalam diri kita. Didalam banyak tradisi spiritual, daerah ini disebut "Samudar Ilusi", ini diperlukan untuk membantu memandu spiritual kita. Ketika Kundalini dibangkitkan dan melewati area Kekosongan ini, prinsip penguasaan ini mulai terbentuk secara mapan dalam diri kita.
Seperti dikatakan oleh Shri Mataji bahwa "Dalam Sahaja Yoga, kamu menjadi guru bagi dirimu, pemandu spiritual / rohani dirimu sendiri, karena kamu dapat merasakan pada ujung jari tangan semua permasalahan yang terjadi pada dirimu dan mempunyai kekuatan untuk menyembuhkannnya dengan mengunakan Kundalini diri sendiri. Lebih dari itu, mendapatkan bantuan dari pusat ini kita akan luput dari semua kebiasaan buruk kita, kemalasan, karma buruk, semua hal yang mengikat dan memperbudak kita dengan cara kita menjadi guru pada diri kita sendiri.
Mengikuti guru palsu, adalah mereka yang tertarik dalam hal kuasa tipu daya akan merusak area Kekosongan ini. Tetapi setelah Perwujudan Diri Sejati, segalanya dapat diobati melalui pembersihan dengan [kuasa/ tenaga] Kundalini di (dalam) meditasi.
Quote:
Anahat Cakra
Cakra yang keempat adalah cakra hati/jantung, adalah tempat di mana berada Roh kita, Diri benar kita/kami, yang mana adalah sesuatu yang murni, bagaikan kilauan intan yang tersembunyi didalam diri kita dan menjadi saksi atas semua tindakan kita.Setelah Perwujudan Diri Sejati, perhatian kita untuk pertama kali terhubungkan kepada Roh kita dan secara berangsur-angsur menjadi sadar akan hal itu. Segala kekeliruan kita karena pengaruh keadaan atau ego mulai hancur dan kita mulai mengenal Roh kita yang benar, yang merupakan kebenaran sesungguhnya.
Secara fisik badan, cakra ini memelihara paru-paru dan hati/jantung kita - jika ini terpengaruh makan akan menyebabkan sakit asma atau berbagai kondisi sakit pada hati / jantung. Adapun mutu dari cakra ini adalah adanya rasa kasihan dan cinta, dan juga cakra ini akan memberikan perasaan tanggungjawab dan prilaku yang baik kepada orang lain. Perwujudan Cakra ini dalam tulang dada kita, dan akan menimbulkan rasa kepercayaan diri dan keamanan. Semua keraguan, kebinggungan dan ketakutan akan dibinasakan ketika cakra ini secara penuh diterangi oleh Kundalini.
Quote:
Vishuddhi Cakra
Cakra kelima adalah cakra diplomasi, tentang hubungan murni dengan orang yang lain, dan rasa humor. Semua rasa penyesalan dan rasa bersalah dalam diri kita akan dimusnahkan ketika Kundalini telah dibangkitkan, dan memberi kita perasaan kepedulian dan belas kasih Perasaan atau kecenderungan merasa dikuasai oleh orang lain atau menguasai orang lain, merasa lebih unggul atau rendah diri dan segala kecemburuan akan dihancurkan dari Cakra ini ketika dijaga oleh Kundalini.
Juga, Vishuddhi adalah cakra yang memberi kita hubungan secara keseluruhan, memungkinkan kita merasakan Keesaan diri kita dan kenyataan bahwa kita adalah bagian terpenting dari keseluruhannya.
Quote:
Agnya Cakra
Cakra yang keenam adalah cakra pengampunan dan rasa kasihan. Pengampunan adalah [kuasa/ tenaga] untuk melepaskan dari genggaman kemarahan, kebencian dan kemarahan dan untuk menemukan kerendahan hati, kebangsawanan dan kedermawanan Roh kita yang sejati. Ini akan memecahkan semua ego kita, pengaruh keadaan, kebiasaan, gagasan untuk sebuah kepalsuan, rasialisme dan semua kekeliruan.
Ini adalah gerbang untuk membuka jalan untuk mencapai sebuah Kesadaran untuk menarik kita mencapai tujuan terakhir yakni cakra ketujuh. Mata yang selalu menyaksikan berbagai hal ketidakmurnian atau kepalsuan, pemusatan kepada diri sendiri akan merusak cakra ini. Melihat langit, bumi atau alam dapat membantu membersihkan cakra ini.
Quote:
Sahasrara Cakra
Cakra ketujuh yang mengintegrasikan semua cakra dengan kualitas masing-masing mereka. Ini adalah sebuah tonggak yang terakhir dari evolusi Kesadaran manusia. Sekarang ini, kita ada di suatu yang tingkatan sesuai dengan cakra ini, dan kesadaran kita bisa dengan mudah masuk ke dunia persepsi baru ini, yang mana adalah di luar konsep dan pikiran terbatas kita, dan yang menjadi absolut di tingkatan Sahasrara ini.
Cakra ini memberi kita secara langsung, persepsi Kenyataan yang absolut pada atas sistem nerves pusat kita. Ini adalah hal yang tepat dicapai oleh Perwujudan Diri Sejati melalui kebangkitan yang secara spontan, Kundalini yang diberikan melalui Sahaja Yoga.
Quote:
Quote:
Hal mengenai ke tiga saluran energi yaitu;
Saluran sebelah kiri (biru) adalah lambang masa lampau kita, emosi, keinginan dan hawa nafsu. Ini merupakan saluran SuperEgo, yang mana merupakan gudang dari semua memori, kebiasaan dan pengaruh keadaan yang kita terima / hadapi. Saluran sebelah kanan (kuning) sesuai dengan perencanaan dan tindakan kita, aktivitas mental dan fisik. Pusat ini juga disebu Ego, yangmemberi kita gagasan, ide, pengertian kita yang lebih pada hal yang bersifat rohani.
Saluran bagian tengah adalah saluran pembangkitan, ini adalah kekuatan / bagian yang mendukung terjadi evolusi kita dan memandu diri kita, dengan sadar atau tanpa disadari, ke arah kesadaran yang lebih tinggi, Sahasrara (Cakra ketujuh). Bekerja Perwujudan Diri Sejati merupakan aspek yang tak terpisahkan dari sistem cakra dan saluran ini, hal ini sangat luas jika kita terangkan disini. Mereka menjadi bagian dari pengetahuan yang tidak hanya di pelajari pada tingkatan mental saja, tetapi untuk terjun dan mengalaminya secara langsung.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
22 Mei 2014 pukul 09.20

Cara berkonsentrasii...
Gmn..

Posting Komentar

silahkan komentar sesuka anda!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BOWO PRIMA SHOP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger